Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2022)

Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII

Yuliani Yuliani (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Sujinah Sujinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Hybrid Learning menjadi pilihan utama saat pandemi namun belum teruji penerapannya terutama dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran teks editorial dengan menggunakan metode problem based learning dengan moda hybrid siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini berjenis kuantitatif walau di dalamnya terdapat data kualitatif yang tidka mendominasi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana yaitu presentase dan presentasi indeks keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode problem based learning dengan moda hybrid pada pembelajaran teks editorial sangat signifikan. Nilai rata-rata sebelum penerapan model/metode problem based learning dengan moda hybrid adalah 75, sedangkan sesudah menerapkan metode/model tersebut adalah 83. Pencapaian ini juga dipengaruh peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran dengan menerapkan mempelajaran secara berkelompok dan juga menerapkan strategi teman sebaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...