JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Siswa pada Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di MAN 5 Batanghari

Firdaus Firdaus (Universitas Jambi)
Astiara Steviana (Universitas Jambi)
M. Feby Khoiru Sidqi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat perbandingan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrument berupa angket motivasi belajar siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 di MA Negeri 5 Batanghari tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan software IBM SPSS 26, dengan melakukan uji normalitas dan Uji perbandingan. Adapun hasil uji perbandingan ini yaitu nilai signifikan pengujian dua arah sig. (2 tailed) sebesar 0.203 pada Equal variance not assumed, dan nilai signifikan pengujian dua arah Sig.(2-tailed) untuk Equal variance assumed sebesar 0,204. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil motivasi belajar siswa antara siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...