JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Monta

Muhammad Yusuf (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta?”. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Cara pengambilan data melalui teknik tes dan non-tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I perolehan hasil belajar siswa rata-rata siswa nilainya adalah 64,17 dengan persentase ketuntasan 40,00%, rata-rata nilai pada siklus II adalah 77,50 dengan persentase 84,00%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah tercapai ketuntasan belajar pada siklus II dan penggunaan pendekatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Maka guru disarankan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Posing sebagai alternative dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...