Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2022)

Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Graf Euler dan Hamilton

Rezkiyana Hikmah (Unknown)
RETNO NENGSIH (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tes essay. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada materi Graf Euler dan Hamilton. Instrumen yang digunakan adalah soal yang bersifat open ended. Penelitian dilaksanakan pada kelas R3O semester gasal 2021-2022 Program Studi Teknik Informatika di salah satu kampus swasta di Jakarta. Sampel penelitian adalah 3 mahasiswa yang masing-masingnya diambil dari berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pembelajaran ini menggunakan modul yang diberikan kepada mahasiswa satu minggu sebelum pembelajaran di kelas dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis, terlihat bahwa ketiga mahasiswa termasuk kedalam mahasiswa yang berpikir kreatif baik dalam memahami materi graf euler dan hamilton. Hal tersebut terlihat dari hasil capaian persentase pada setiap aspek indikator berpikir kreatif yaitu aspek keluasan, elaborasi, kelancaran dan keaslian yang mencapai di atas 50%. Urutan persentase tertinggi pada aspek indikator berpikir kreatif yang diperoleh dari ketiga mahasiswa adalah aspek keluasan (85,41 %), elaborasi (81,25 %), kelancaran (79,19 %) dan keaslian (79,19 %).  Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Pertanyaan Open Ended,  Graf Euler, Graf Hamilton.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...