Abstrak
	Penelitian bertujuan menganalisis (1) perbedaan self-efficacy siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif  tipe think-pair-share  dan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan self-efficacy siswa laki-laki dan siswa perempuan,(3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan jenis kelamin, (4) perbedaan self-efficacy yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan model pembelajaran konvensional untuk siswa laki-laki, (5) perbedaan self-efficacy yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan model pembelajaran konvensional untuk siswa perempuan. 
	Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan rancangan Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh kelas IX SMPN 10 Denpasar. Sampel berjumlah 160 orang dengan teknik simple random sampling. Analisis data dengan statistik deskriptif dan uji ANAVA 2 jalur dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference.
Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan model pembelajaran konvensional (F = 34,040; p
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014