Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Multiple Intelligence Terhadap Motivasi Belajar Dalam Mata Pelajaran PAI Pada Siswi MA Assulthon Triwung Kidu

Lutfiatul Jannah (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)
Nurul Ainirrohmah (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)
Agustiarini Eka Dheasari (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Multiple intelligence merupakan metode pembelajaran yang ditemukan oleh Howard Gardner, dimana beliau mengatakan bahwa manusia tidak ada yang bodoh, semua memiliki kecerdasan masing-masing. Dalam penelitian kali ini, metode multiple intelligence digunakan sebagai variabel bebas yang dapat mepengaruhi variabel terikat yanga da, yaitu minat belajar siswa. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dengan berbagai pengujian data melalui uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji hipotesis, deskripsi data serta perbandingan nilai antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dari hasil analisis data diperoleh nilai R Square sebanyak 0,750 atau sama dengan 75% menunjukkan bahwa variabel bebas yang ada memiliki pengaruh sebesar 75% terhadap variabel terikat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...