Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Problematika Pembelajaran Literasi di Era Pandemi: Studi Kasus Pada Sekolah Dasar di Wilayah Urban Fringe Lombok Tengah

Umar Umar (Universitas Mataram)
Arif Widodo (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran dimasa pandemi tidaklah mudah. Terlebih lagi pembelajaran literasi di sekolah dasar. Literasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Literasi adalah kunci utama agar siswa dapat membuka pengetahuan yang lebih luas. Tanpa literasi dasar dapat dipastikan siswa akan terhambat dalam mengikuti pembelajaran di level berikutnya. Permasalahannya adalah guru tidak dapat melakukan pembelajaran secara maksimal seiring dengan adanya pandemi. Pembatasan kegiatan pembelajaran di sekolah selama pandemi merupakan salah satu penyebabnya. Salah satu dampaknya adalah kemamppuan literasi siswa menjadi lemah. Salah satu indikatornya adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran literasi diera pandemi yang berdampak pada rendahnya kemampuan literasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada salah satu sekolah dasar yang berada di wilayah Urban Fringe kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Problematika pembelajaran literasi di era pandemi yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: kurangnya intensitas belajar tatap muka di sekolah, etos belajar siswa menurun, dukungan orang tua dalam pembelajaran kurang, dan keterbatasan kemampuan guru dan siswa dalam penggunaan media pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...