Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Laila Silmi Kaffah (Universitas Jambi)
Maryono (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh betapa pentingnya kemampuan membaca dalam kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam masyarakat. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwasanya di SD Negeri 64/I Muara Bulian Memiliki tingkat kemampuan membaca yang cukup baik. Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada saat kelas 1 Sekolah Dasar. Membaca yang dilaksanakan pada kelas 1 Sekolah Dasar adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar giat secara aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan Strategi Guru dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Rendah. Adapun rumusan masalah khusus adalah sebagai berikut: Mendeskripsikan Bagaimana Guru Menggunakan Media dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar, Mendeskripsikan Bagaimana Guru Mengalokasikan Waktu dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian dalam bentuk Fenomenologi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada wali kelas 1 SD Negeri 64/I Muara Bulian. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, dalam Pembelajaran membaca dilakukan strategi kartu huruf, strategi kartu kata bergambar, dan strategi pemberian jam tambahan yang pelaksanaannya setelah kegiatan belajar mengajar selesai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...