Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 4, No 1 (2014)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kinerja Ilmiah Siswa SMP

., NI KADEK SRI MAHAYANI (Unknown)
., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd (Unknown)
., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kinerja ilmiah siswa. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 12 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 124 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi kinerja ilmiah. Data di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Untuk mengetahui besar perbedaan digunakan uji LSD pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kinerja ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif group investigation dan model pembelajaran direct instruction (F=9,769; p

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...