ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2022): ELIPS, Maret 2022

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 4 BANTIMURUNG

A. Muhajir Nasir (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros)
Syaiful Hidayat (Unknown)
Syamsuriyawati Syamsuriyawati (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan hasil belajar matematika siswa SMPN 4 Bantimurung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Bantimurung pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 720 siswa sedangkan sampelnya sebanyak 256 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket minat belajar siswa, sedangkan untuk hasil belajar siswa yaitu nilai ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Adapun data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan dan bersifat positif antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa SMPN 4 Bantimurung Kab. Maros memiliki hubungan yang signifikan dan bersifat positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...