Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol 4, No 2 (2021): September

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Model Picture and Picture Berbasis Tri Hita Karana

Wirabhakti, Lalu Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Siswa sering mengalami kesulitan dalam memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, dan menerangkan sesuatu yang akan dituangkan dalam tulisan teks eksposisi. Hal tersebut membuat siswa cenderung pasif dan merasa bosan dengan proses pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis teks  eksposisi pada peserta didik.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 37 orang dengan rincian 22 orang putra dan 15 orang putri. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Dalam mengumpulkan data-data tersebut, peneliti menggunakan empat metode, yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi siklus I yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata (belum berhasil) Pada Siklus II dengan pembelajaran menulis teks eksposisi menunjukan banyak siswa yang mendapatkan nilai diatas rata-rata (tuntas). Disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi meningkat melalui penerapan model picture and picture pada peserta didik.  Disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk mengaplikasikan model picture and picture berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...