Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 4, No 1 (2014)

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP

., I WAYAN WIDIADNYANA (Unknown)
., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd (Unknown)
., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 3 Tembuku tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri atas 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda diperluas dan kuesioner sikap ilmiah. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pengajaran langsung (F=7,791; p

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...