Al Ibrah Journal of Arabic Language Education
Vol 4, No 1 (2021): AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Pada Siswa MTs. Halimatussa’diyyah Palopo

Kartini Kartini (Unknown)
Mubassyirah Bakri (Unknown)
Sri Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Abstrak: artikel ini akan mendeskripsikan pengaruh religiusitas terhadap minat belajar bahasa arab pada siswa MTs Salimatussa’diyyah palopo.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat keberagamaan siswa MTs Halimatussa’diyah Palopo.(2),untuk mengetahui minat siswa MTts Halimatussa’diyah Palopo dalam belajar bahasa arab (3) untuk mengetahui pengaruh tingkat keberagamaan siswa mts halimatussa’diyah Palopo terhadap minat belajar bahasa arab.penelitian ini menggunakan penelitian ex-post fact. Populasi sebanyak 19 siswa, dengan pengambilan sampel diambil dengan teknik total sampling dengan jumlah sampel 19 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang telah di validasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan program SPSS ver. 22 for windows.hasil pengolahan data spss diperoleh skor rata-rata religiusitas adalah 90.0526 dengan standar deviasi sebesar 6.31993. demikian halnya skor rata-rata minat belajar Bahasa Arab adalah 80.8421 dengan standar deviasi  11.72018. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan religiusitas terhadap peningkatan minat belajar Bahasa aArab pada siswa MTs Halimatussa’diyyah Palopo  dengan persentase sebesar 28% hal ini menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas terhadap minat belajar Bahasa Arab memiliki pengaruh yang kuat dan positif.Kata kunci: Religiusitas, Minat Bahasa Arab

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ibrah

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL IBRAH is a peer-reviewed academic journal dedicated to advancing scientific knowledge and innovation in Arabic language education. The journal welcomes submissions on Arabic language teaching, classroom innovations, and various applied linguistics subfields. Typically, submissions should range ...