ABSTRAK Permasalahan krusial yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa arab yaitu keterbatasan media yang ada atau dengan kata lain keterbatasan dalam menyediakan media pembelajaran bahasa arab. Problematika tersebut menyebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar bahasa arab peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab peserta didik yakni dengan melakukan sistem pembelajaran yang menarik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni pengembangan teknologi cetak dalam pembelajaran bahasa arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan teknologi cetak atau bahan cetak dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun hasil pembahasan penelitian ini yaitu model teknologi cetak yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa arab meliputi buku teks, artikel ilmiah, lembar kerja siswa, modul pembelajaran dan komik. Teknologi cetak tersebut memiliki peranan esensial dalam meningkatkan pembelajaran bahasa arab. Implikasi dari penelitian ini yaitu tenaga pendidik dapat melakukan inovasi penyajian teknologi cetak atau bahan cetak pembelajaran bahasa arab sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Inovasi teknologi cetak pembelajaran bahasa arab tersebut disesuaikan kebutuhan peserta didik.Kata Kunci : Teknologi Cetak , Pembelajaran Bahasa Arab
Copyrights © 2021