Kurikulum merupakan media / sarana bagi kemajuan pendidikan. Perubahan kurikulum yang seringterjadi membuat para pendidik risau. Perubahan terakhir yang terjadi pada kurikulum adalah mengkombinasikandua kurikulum yaitu kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013.Hasil dari Penelitian ini adalah supaya memberi pengetahuan tentang : (1) Perencanaan KurikulumKombinasi (KTSP dan K-13); (2) pelaksanaan Kurikulum Kombinasi (KTSP dan K-13); (3) penilaiankurikulum kombinasi (KTSP dan K-13) ini.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu suatu paradigm penelitian untuk mendiskripsikanperistiwa, perilaku dan atau suatu keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan kurikulum kombinasi (KTSP dan K-13) inicukup efisien diterapkan di lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Tlogowaru, karena denganditerapkan kurikulum kombinasi ini telah tumbuh dalam diri para pendidik untuk terus berkarya dan mempunyaietos kerja tinggi dan terjalinlah kerjasama yang kuat antar para pendidik.Dari Hasil penelitian ini supaya berguna untuk para peneliti lainnya , para siswa, dewan guru danlembaga- lembaga pendidikan / sekolah terutama yang berhubungan dengan penerapan kurikulum kombinasiini.
Copyrights © 2020