Mata Pelajaran Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran koopreatif tipe TTW.Penelitian ini dilaksanakan semester gasal pada siswa kelas X-I SMA Patriot Jombang tahun Pelajarajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan lembar observasi pengamatan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I, untuk memperhatikan penjelasan guru sebesar 77%, mengajukan pertanyaan sebesar 80%, aktif dalam diskusi sebesar 88,5%, dan membuat kesimpulan sebesar 83,3%.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 65,59 dengan ketuntasan klasikal 66%, pada siklus II rata-rata sebesar 88,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TTW pokok bahasan bank sentral dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMAN Jogoroto Jombang tahun ajaran 2019/2020
Copyrights © 2020