Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Al Rosyid, Muhammad Dody (Unknown)
Ariyanto, Lilik (Unknown)
Nursyahidah, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis profil atau gambaran mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang dapat ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VII Semester 2. Adapun penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa SMP Negeri 1 Tirto kelas VII D dengan kemandirian belajar kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan dari teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner kemandirian belajar siswa, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Kemampuan komunikasi matematis subjek KNN dengan kemandirian belajar kategori tinggi dapat memenuhi memenuhi semua indikator dari kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis subjek JLP dengan kemandirian belajar kategori sedang hanya memenuhi lima indikator yang ada dalam kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis subjek MF dengan kemandirian belajar kategori rendah hanya mendapatkan dua indikator dalam kemampuan komunikasi matematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...