Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Pokok Bahasan SPLDV pada Peserta Didik SMA Kelas X Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin

Alkhoiri, Miftakhul Huda (Unknown)
Zuhri, Muhammad Saifuddin (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Perbedaan jenis kelamin sering kali disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan seseorang, baik dari perkembangan fisik maupun perkembangan kognitifnya. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan proses berpikir kreatif matematis peserta didik SMA kelas X dalam menyelesaikan pokok bahasan SPLDV berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan proses berpikir kreatif matematis peserta didik SMA kelas X dalam menyelesaikan pokok bahasan SPLDV berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripstif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 peserta didik yaitu 2 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan kelas X SMA Negeri 1 Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik berjenis kelamin laki-laki memiliki proses berpikir kreatif matematis lebih baik dibandingkan dengan peserta didik berjenis kelamin perempuan. Dari ke 5 Indikator berpikir kreatif matematis perbedaan proses berpikir kreatif matematis antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan yaitu terletak pada indikator keaslian (originality).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...