EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis

Wita Ardina Putri (Universitas Jambi, Indonesia)
Astalini Astalini (Universitas Jambi, Indonesia)
Darmaji darmaji (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang tata cara penelitiannya di dapatkan dari hasil beberapa data deskriptif berupa bentuk dari kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan sikap yang diobservasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan proses sains melalui kegiatan praktikum di SMAN di kecamatan Muara Bulian. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 guru mata pelajaran fisika yang masing-masing berasal dari SMAN 1 Batanghari, MAN 1 Batanghari, dan SMAN 6 Batanghari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Milles & Huberman. Hasil dalam penelitian ini yaitu untuk kegiatan praktikum dalam pembelajaran fisika jarang dilakukan. Hal ini terkendala oleh ketersediaan alat, waktu, serta kurang terampilannya siswa dalam menggunakan alat. Kegiatan praktikum sendiri merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...