EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Google Classroom dengan Bantuan Aplikasi Desmos

Heriyanto Heriyanto (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Sudiansyah Sudiansyah (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Ahmad Yani T (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sehingga menjadi penelitian eksperimen. Objek penelitian ini merupakan dua kelompok siswa yang akan dipilih secara random berdasarkan kelasnya. Berdasarkan hasil analisis perbedaan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis terhadap hipotesis statistik melalui uji-T pada taraf signifikansi 0,05 ternyata kemampuan koneksi dan komunikasi matematik siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan google classroom sebagai kelas digital dengan bantuan aplikasi desmos lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu, ditemukan adanya kualifikasi yang sangat tinggi sebesar 2 persen untuk kelas eksperimen dalam penguasaan kemampuan komunikasi dan konsep matematis jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak memiliki peningkatan seidkitpun. Adapun kualifikasi yang tinggi pada kelas eksperimen memiliki nilai sebesar 32 persen, sementara kelas kontrol hanya memiliki nilai 2 persen saja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...