Kulidawa
Vol 2, No 2 (2021): November

Pengaruh Penggunaan Media Bahan Bekas Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik SMAN 1 Wawonii Tengah

Devi Dwi Hariningsih (IAIN KENDARI)
Zainuddin Zainuddin (IAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Wawonii Tengah pada praktikum fluida dengan menggunakan media bahan bekas. (2) Untuk mengetahui pengaruh media bahan bekas terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Wawonii Tengah. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Wawonii Tengah. Penelitian Ini dilakukan dengan metode survey kuantitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Wawonii Tengah. Teknik Penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui penggunaan media bahan bekas, tes performa untuk mengetahui keterampilan proses sains, observasi dan wawancara  untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMA terkategori cukup dengan rata rata 75%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media bahan bekas terhadap keterampilan proses sains peserta didik yaitu sebesar 16,1%. (3)  Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains ialah kemampuan dasar, sikap yang dimiliki peserta didik, minat dan motivasi belajar serta keterbatasan alat dan bahan praktikum.Kata Kunci: Media Bahan Bekas, Keterampilan Proses Sains, Praktikum Fluida Statis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kulidawa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Kulidawa is a science applied education journal (biology education, physics education, natural sciences education, chemistry education, and mathematics education). Articles published in the kulidawa journal include the results of scientific research, scientific article reviews, and responses or ...