Issues in Mathematics Education (IMED)
Vol 6, No 1 (2022): Maret

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Kriteria Hadar Ditinjau dari Pemahaman Matematika Siswa

Ilham Minggi (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Bernard Bernard (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Aco Fauzan (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal masalah materi Barisan dan Deret berdasarkan kriteria Hadar ditinjau dari pemahaman matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat 6 subjek penelitian yaitu 2 siswa dengan pemahaman matematika tinggi, 2 siswa dengan pemahaman matematika sedang, dan 2 siswa dengan pemahaman matematika rendah. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes pemahaman yang memuat 7 butir soal, tes masalah barisan dan deret yang memuat 3 butir soal, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan menentukan suku ke-P pada deret geometri dan pada saat mengerjakan   soal   yang berkaitan dengan menentukan populasi sapi  cenderung   melakukan kesalahan teknis. Sedangkan dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan menentukan jumlah suku pada suatu barisan aritmatika, subjek sama sekali tidak mengalami kesalahan dalam menyelesaikan jawabannya kecuali subjek kelima dan subjek keenam yang tidak menjawab sama sekali. Kata Kunci: Kesalahan, Kriteria Hadar, Pemahaman Matematika Siswa This study aims to describe students' errors in solving problems in the material of Sequences and Series based on Hadar's criteria in terms of students' mathematical understanding. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. There are 6 research subjects, namely 2 students with high mathematical understanding, 2 students with moderate mathematical understanding, and 2 students with low mathematical understanding. The instrument used in data collection was an understanding test containing 7 questions, a series and series problem test containing 3 questions, as well as interview guidelines. The results showed that all subjects worked on questions related to determining the P-th term in the series geometry and in working on problems related to determining the cattle population tend to make technical errors. Meanwhile, in working on problems related to determining the number of terms in an arithmetic sequence, the subject did not experience any errors in completing the answer except for the fifth subject and the sixth subject who did not answer at all. Keywords: Error, Hadar Criteria, Students' mathematical ability

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imed

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...