Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang saat ini diminati banyak orang, hal ini tak terlepas dari gerakan “yuk nabung saham” yang dikampanyekan pemerintah serta ulasan-ulasan terkait investasi saham yang dapat dengan mudah ditemukan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik dengan keputusan investasi saham investor saham pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 70 investor saham pemula yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik dengan keputusan investasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Kendal-tau. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik dengan keputusan investasi saham pada investor saham pemula dengan nilai R korelasi sebesar 0.307 dan P = 0.000 (p < 0.05)
Copyrights © 2022