Jurnal Eduscience (JES)
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES)

EFEKTIVITAS LATIHAN ZIG-ZAG TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA

Jud Jud (Universitas Halu Oleo)
Sariul Sariul (Unknown)
marsuna marsuna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan zig-zag dengan kemampuan dribbling pada permainan sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 5 Kendari yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berjumlah 30 orang. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi yang dijadikan sampel, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Instrumen kemampuan dribbling menggunakan tes dribbling sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu latihan zig-zag. Data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji reliabilitas menggunakan SPSS versi 20, selanjutnya pengujian hipotesis dengan uji statistika uji-t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α 0,05 maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas latihan zig-zag terhadap kemampuan dribbling pada permainan sepak bola, dimana thitung = 9,86 dan ttabel pada saat distribusi nilai yaitu pada taraf kepercayaan 0,05 = 2,045. Terbukti bahwa terdapat presentase peningkatan sebesar 15,31% pre test dan post test setelah melakukan latihan zig-zag.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...