Jurnal Eduscience (JES)
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI TEORI APOS PADA SISWA SMP KELAS VIII

Elfrida Nailopo (Universitas Timor)
Fitriani Fitriani (Unknown)
Justin Eduardo Simarmata (Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi peluang ditinjau dari teori APOS. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Satap Negeri Nakol yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Wawancara dilakukan secara mendalam kepada 3 subjek penelitian yang terdiri dari 1 subjek berkemampuan tinggi, 1 subjek berkemampuan sedang, dan 1 subjek berkempuan rendah. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa tingkat pemahaman konsep siswa berada pada tingkatan yang berbeda. Siswa belum mampu menggunakan konsep matematika dengan baik dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan soal peluang. Selain itu, siswa belum mampu menyajikan alternatif jawaban yang lain dari permasalahan yang diberikan. Maka dari itu, teori APOS digunakan untuk mengamati sejauh mana pencapaian konsep siswa terhadapĀ  matematika pada materi peluang ditinjau dari rangkaian aksi, proses, objek, dan skema

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...