Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 3 No. 02 (2022): Februari

Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Fembriani Fembriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Mulai awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan munculnya pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19). Hal ini mengakibatkan  perubahan  diberbagaai sektor salah satunya pendidikan, proses pembelajaran luring berganti menjadi daring. Saat pembelajaran daring pula dikeluarkan kebijakan tentang merdeka belajar. Perubahan pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SD dan merdeka belajar menuntut guru untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Melalui metode kombinasi (kualitatif dan kuantitatif) peneliti mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SD dan merdeka belajar se Pulau Jawa dan NTT. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa guru dalam perencanaan  dan  pelaksanaan akan tetapi dalam evaluasi dan pemberdayaan sikap ilmiah masih kurang baik. Guru dalam pemberdayaan ketrampilan proses sains siswa cukup baik dan juga penggunaan media pembelajaran IPA di SD. Guru juga memiliki pemahaman yang cukup baik tentang merdeka belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...