Integrated Science Education Journal
Vol 3 No 1 (2022): January

Hubungan Karakter Gemar Membaca terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Sekolah Dasar

Yessi Isria Suhara (Unknown)
Nurul Delima Kiska (Universitas Jambi)
Febri Tia Aldila (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tujuan Penelitian: pada penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan dari karakter gemar membaca terhadap hasil belajar tematik peserta didik sekolah dasar. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan teknik analisis korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 66/IVKota Jambi. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Pengumpuan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah menggunakan analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Temuan utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya sangat penting menumbuhkan karakter gemar membaca pada peserta didik, hal tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dimana berdasarkan hasil penyebaran angket dimana analisis data bahwa 43,21% atau sebanyak 7 dari 18 peserta didik berada pada kategori baik. Hasil tersebut diperkuat dengan wawancara dengan guru untuk mengetahui gemar membaca peserta didik. Dengan demikian karakter gemar membaca mempengaruhi dari hasil belajar peserta didik. Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memiliki keterbaruan yaitu terdapat pada variable yang diteliti yaitu karakter gemar membaca yang digunakan untuk mengetahui hubungannya dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kelas V Tema 7.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...