Sebagian orang banyak yang menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran abstrak yang tidak ada hubungannya dengan moral. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan karakter siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Simpulan diperoleh bahwa: 1) Konsep matematika dapat disampaikan dalam bentuk kontekstual; 2) konsep matematika dalam bentuk kontekstual harus merupakan peristiwa kehidupan yang menarik bagi siswa; dan 3) guru harus memotivasi siswa agar selalu bertanya atas kemauannya sendiri. Most people consider math to be an abstract subject that is unrelated to morality. The purpose of this study was to get findings about all the things that teachers should do to foster the critical character of elementary school students during the math learning process using RME approach. In order to find those findings, this research conducted with Classroom Action Method. This research concluded that the important things to get done by teacher in math learning process are: (1) delivering the math concept in a contextual form; (2) the contextual form of math concept must be a life event that can interest the student; and (3) teacher should motivate student to keep asking on their own accord.
Copyrights © 2022