Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 8 No 1 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari)

Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar

Lisa Nursita (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Resky Nur Alifa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Akmal Akmal (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian membandingkan media ajar prezi vs microsoft power point terhadap hasil belajar. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan mengelompokkan sampel menjadi dua kelompok diikuti treatment pembelajaran dengan aplikasi berbeda. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen treatment pembelajaran melalui prezi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada sampel pembelajaran microsoft power point. Sampel lebih memahami materi jika media ajar menggunakan prezi dibandingkan microsoft power point. Pemilihan media ajar yang tepat dan inovatif mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pendidik seharusnya tidak hanya meningkatkan pengetahuan pada bidang keahliannya, tetapi juga meningkatkan skill dalam penguasaan teknologi agar mampu menggunakan media ajar yang variatif dan inovatif. The purpose of the study was to compare Prezi vs Microsoft Power Point teaching media on learning outcomes. The research method is an experimental method by grouping samples into two groups followed by learning treatments with different applications. The results showed that the experimental group learning treatment through Prezi had higher learning outcomes than the Microsoft Power Point learning sample. The sample understands the material better if the media uses Prezi than Microsoft Power Point. Selection of appropriate and innovative teaching media can improve student learning outcomes. Educators should not only increase knowledge in their field of expertise, but also improve skills in mastering technology in order to be able to use varied and innovative media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...