AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Adapun jumlah sampel 30, diambil dari populasi 62 siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Pontianak dengan menggunakan simple random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar dengan nilai koefisien 17,3% artinya sisanya 82,7% ditentukan oleh faktor lain. Hal ini berarti pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi secara bersama-sama memberi pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pola asuh demokratis dan meningkatkan kecerdasan emosi siswa.Kata kunci: pola asuh, kecerdasan emosi, motivasi
Copyrights © 2022