Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 6, No 1 (2022): EDUNOMIKA : Vol. 06, No. 01, 2022

KINERJA PEMASARAN DITINJAU DARI KEUNGGULAN BERSAING, ORIENTASI PASAR DAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA SENTRA INDUSTRI SHUTTLECOCK KABUPATEN SUKOHARJO)

Rendy Irawan (Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta)
Istiatin Istiatin (Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta)
Supawi Pawenang (Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Along with the development of the economy and increasingly advanced technology, companies are required to further increase production yields and product quality. The purpose of this study was to determine the effect of Competitive Advantage, Market Orientation and Entrepreneurship Orientation on Marketing Performance at the shuttlecock industry center in Sukoharjo Regency. This research is a quantitative research. The approach method in this study uses a quantitative survey approach, namely survey research that has the nature of pairing and is generally used to draw conclusions on the population so that it uses hypotheses and statistical tools in data analysis. The population and sample in this study were 37 players in the shuttlecock industry, data taken from the Central Bureau of Statistics of Gadingan village. The sampling technique used is the census method, which is a sampling technique when all members of the population are used as samples. The results in this study are Competitive Advantage, Market Orientation, Entrepreneurship Orientation affect the Marketing Performance of the Shuttlecock Industrial Center in Sukoharjo Regency. Keywords: Competitive Advantage, Market Orientation, Entrepreneurship Orientation, Marketing Performance. ABSTRAK Seiring perkembangan perekonomian dan teknologi yang semakin maju, perusahaan dituntut agar lebih meningkatkan hasil produksi dan mutu produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran pada sentra industri shuttlecock di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei, yaitu penelitian survei yang memiliki sifat pemairan dan umumnya digunakan untuk menarik kesimpulan terhadap populasi sehingga menggunakan hipotesis dan alat statistik dalam analisis data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 37 pelaku industri shuttlecock, data diambil dari Badan Pusat Statistik desa Gadingan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populsi digunakan sebagai sampel. Hasil dalam penelitian ini adalah Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran Sentra Industri Shuttlecock di Kabupaten Sukoharjo. Kata Kunci : Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...