The Innovation of Social Studies Journal
Vol 3, No 2 (2022): The Innovation of Social Studies Journal, March 2022

Overview of Rationalism and Empiricism Philosophy in Social Studies Education

Mutiani Mutiani (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Disman Disman (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Erlina Wiyanarti (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Ersis Warmansyah Abbas (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Sutarto Hadi (Mathematics Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Bambang Subiyakto (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Artikel ini menjelaskan perbedaan antara kedua pandangan tersebut dan bagaimana kaitannya dengan pendidikan IPS. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan analisis tentang perkembangan filsafat ilmu dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial. Tinjauan pustaka digunakan untuk mendeskripsikan pembahasan secara deskriptif. Penulis mengumpulkan literatur menggunakan buku dan mesin pencari seperti; google sarjana, gerbang penelitian, dan akademisi. Hasil dan pembahasan menggambarkan bahwa rasionalisme sebagai pernyataan aksioma dasar yang digunakan untuk membangun sistem pemikiran yang berasal dari ide. Ide yang dimaksud harus jelas, tegas, dan berasal dari pemikiran manusia—Sedangkan empirisme adalah salah satu pandangan di mana seluruh atau sebagian pengetahuan didasarkan pada pengalaman menggunakan indera. Adapun hubungan antara rasionalisme dan empirisme dalam studi sosial, pendidikan adalah studi masalah sosial berdasarkan metode analitis untuk mendapatkan pengetahuan baru. Pendidikan IPS mengajarkan konsep-konsep sebagai mata pelajaran untuk sekolah menengah pertama atau sederajat. Pengajaran konsep dapat diuraikan dengan metode penyelidikan sosial. Metode ini memberikan keleluasaan untuk memperoleh pengetahuan baru baik secara induktif maupun deduktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...