Tujuan Penelitian berlatar belakang untuk (1) Mengetahui penalaran geometrik siswa SMA (2) Mendapatkan informasi ; (3) Metode pengajaran guru yang masih belum bersifat kontekstual; (4) Cara berpikir siswa hanya bersifat praktis. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh informasi sebagai berikut: pembelajaran penalaran geometrik SMA berdasarkan jenis kelamin dan jurusan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk analisis dan deskripsi, dan dibagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut: (1) Memberikan soal-soal penalaran geometrik SMA; (2) Menganalisis jawaban sesuai dengan standar penalaran; (3) Petakan jawaban siswa dari hasil analisis sesuai standar. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Perbedaan gender siswa dalam penalaran geometrik tidak signifikan; (2) Kemampuan penguasaan konsep geometri berbeda secara signifikan menurut jurusan yang berbeda, dan lebih banyak siswa IPA yang dapat menjawab soal dengan benar.
Copyrights © 2022