Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022

Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK

Rivaldo Alvian Golung (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Marthinus Maxi Mintjelungan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Parabelem Tinno Dolf Rompas (Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Tareran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Assisted Individualization dengan hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK N 1 Tareran. Quasi Eksperiment berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai, dengan metode pengumpulan data menggunakan Teknik Tes Teknik Non-Tes. Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Analisis Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dengan menggunakan program Software SPSS for windows versi 23. hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran team assistead individualization memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK N 1 Tareran. Berdasarkan hasil tabel uji t-test pada pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 1,265 < 1,686 atau t hitung < t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pre-test kelas kontrol dan pre-test kelas eksperimen. Hasil tabel uji t-test pada post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 7.693 ≥ 1,686 atau t hitung ≥ t tabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran tipe Team Assistd Individualization (TAI) pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar terhadap hasil belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Tareran. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau informasi kepada sekolah bahwa dengan memperhatikan metode pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...