Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA RUANG PUBLIK DI GIANYAR

Erawan Dewa Gede Bambang (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif digunakan karena data yang diperoleh tidak dapat dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia pada ruang publik di Gianyar. Data dalam penelitian ini berupa uraian, kalimat, atau wacana dan gambar yang diperoleh langsung oleh peneliti di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. langkah-langkah yang dilalui dalam analisis data adalah sebagai berikut: (1) mengumpulkan seluruh foto/gambar yang terdapat di ruang publik yang mengandung kesalahan dalam berbahasa Indonesia, (2) membaca secara cermat seluruh sumber data, (3) menandai dan memberikan kode klasifikasi pada data, (4) mengklasifikasi data berdasarkan bentuk kesalahan penggunaan bahasa, (5) menyajikan dan mendeskripsikan data berdasarkan bentuk kesalahan penggunaan bahasa. Hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia pada ruang publik di Gianyar meliputi kesalahan yang berkaitan dengan penggunaan afiks, kata serapan, pemilihan diksi, konjungsi, tanda baca, serta kalimat efektif. Secara umum kesalahan berbahasa Indonesia pada ruang publik di Gianyar terdapat pada poster atau papan nama lembaga, toko, spanduk, tempat makan, dan lain-lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...