RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling - Januari-Juni 2022

PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP N 17 KOTA JAMBI

Nabilah Nabilah (Universitas Jambi)
Affan Yusra (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukapkan dan mengukur pengaruh teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP N 17 kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah expo facto dengan populasi seluruh siswakelas VIII dan IX di SMP N 17 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 244 responden. Penarikan sampel menggunakan stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuosioner dengan model skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data dengan menggunakan rumus presentaseformula C dan teknik analisi data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 65,7%, dan teman sebaya di SMP N 17 kota Jambi  juga dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 75,5%. Nilai siginifikansi pada asimotik berada pada  0,000 (<0,05) yang berati antara variabel teman sebaya (X) berpengaruh terhadap variabel (Y), dan untuk hasil R square pada dua variabel ini sebesar 0,114 yang dipresentasekan menjadi 11,4%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dtemukan bahwa adanya pengaruh antara teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa yang memiliki rendah tapi pasti. Kata kunci: Teman Sebaya, Keaktifan Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...