Mimbar PGSD Undiksha
Vol 10, No 1 (2022): April

E-BOOK INTERAKTIF MATERI SIKLUS AIR PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Rusdiana, Ni Putu Mira (Unknown)
Wulandari, I Gusti Agung Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif khususnya pada pembelajaran IPA berdampak pada minat dan pemahaman siswa.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proes dari rancang bangun, mengetahui kelayakan media E-Book menurut hasil review para ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan fari produk E-Book interaktif serta menguji atau membuktikan keefektivan media E-Book interatif materi siklus air pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan statistik inferensial. Validasi media berdasarkan penilaian ahli isi muatan pelajaran dengan skor 91,67%, ahli desain instruksional dengan skor 96,87%, ahli media pembelajaran dengan skor 100% secara keseluruhan dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji pengguna melalui uji coba perorangan melibatkan 3 orang siswa memperoleh skor 96,67%, uji coba kelompok kecil melibatkan 9 orang siswa memperoleh skor 98,33% dan uji coba lapangan melibatkan 15 orang siswa memperoleh skor 96,33%, secara keseluruhan dengan kualifikasi sangat baik dan layak digunakan. Selanjutnya hasil perhitungan uji efektivitas memperoleh thitung sebesar 3,61 dan ttabel sebesar 2,048. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa media E-Book interaktif ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2022