Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 1 (2022): January-March

Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Kota Sungai Penuh

Nadia Yensi Febriana (Universitas Jambi)
Mashelin Wulandari (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Fisika, berdasarkan indikator kesenangan dalam belajar fisika, ketertarikan memeperbanyak waktu belajar fisika, ketertarikan berkarir dibidang fisika, adopsi sikap ilmiah, dan implikasi sosial dari fisika. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif menggunakan prosedur survei melalui instrumen kuesioner (angket) yang disebar pada tanggal 29 September 2020. Sampel yang digunakan sebanyak 105 Siswa yang terdiri dari kelas XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 4 di SMAN 2 Kota Sungai penuh. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner (angket) kepada koresponden, menganalisis data, dan mengelola data yang telah didapatkan yang menjadi sampel. Pada penelitian ini diterapkan karena sesuai dengan tujuan penelitian, dimana tujuannya adalah mengetahui Sikap Siswa SMA terhadap mata pelajaran Fisika. Hasil yang diperoleh dari indikator secara keseluruhan menunjukkan persentase sebesar 83,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap pembelajaran fisika berkategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...