JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar

Ganovia, Paulus (Unknown)
Sherly, Sherly (Unknown)
Herman, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring; yaitu proses belajar dari rumah (BRD). Pada awalnya model pembelajaran yang digunakan adalah model analog kemudian beralih ke model digital dengan pembelajaran berbasis online. Untuk memaksimalkan pembelajaran selama masa pandemi maka guru menerapkan pembelajaran Hybrid Learning, yang merupakan salah satu solusi dalam pembelajaran. Berdasarkan tinjauan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMA Kristen Kalam Kudus Pematangsiantar, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa selama masa pandemi Covid-19, sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran hybrid yang berpedoman pada kurikulum. Pendekatan pembelajaran hybrid yang digunakan adalah student center. Metode dan media pembelajaran yang digunakan cukup beragam dan disesuaikan dengan materi pembelajaran. Masing-masing terdiri dari metode dan media untuk pembelajaran daring dan PTMT. Hasil temuan dari penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran dengan menggunakan hybrid learning memiliki kendala- kendala. Dengan melihat kendala yang dialami diharapkan guru maupun penyelenggara pembelajaran yang efektif dan dapat memperbaikinya, sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna, interaktif, dan menyenangkan bagi peserta didik dalam masa pandemi ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...