JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

Penggunaan Informasi Teknologi dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMK

Mutiara, Erli (Unknown)
Ingtyas, Fatma Tresno (Unknown)
Hilda, Nuwairy (Unknown)
Siahaan, Riana Friska (Unknown)
Tobing, Marnala (Unknown)
Siregar, Bani Sirkam (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Intensitas Penggunaan Informasi Teknologi; (2) Dukungan Orang Tua; (3) Prestasi Belajar; (4) Hubungan Intensitas Penggunaan Informasi teknologi dengan Pretsasi Belajar; (5) Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar; (6) Hubungan Intensitas Penggunaan Informasi Teknologi dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar. Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Beringin dengan jumlah sampel 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji lineritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan Intensitas Penggunaan Informasi teknologi, Dukungan Orang Tua cenderung cukup, masing-masing sebesar 75 persen, 56 persen dan Prestasi Belajar sebesar 50 persen. Hasil Analisis Uji Normalitas dengan dk = 5 pada variabel Intensitas Penggunaan Informasi teknologi yaitu X2hitung < X2tabel (6,78 < 11,070), variabel Dukungan Orang Tua yaitu X2hitung < X2tabel (3,69 < 11,070) dan variabel Prestasi Belajar yaitu X2hitung < X2tabel (5,96 < 11,070) pada taraf signifikan 5 persen ketiga variabel berdistribusi Normal. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Informasi teknologi dengan Prestasi Belajar dengan nilai rhitung > rtabel (0,964 > 0,349) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar dengan nilai (rhitung = 0,977 > rtabel 0,349) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi ganda dengan nilai Fhitung >F­tabel(3,71 > 3,33), pada taraf signifikan 5 persen, terdapat hubungan yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Informasi teknologi dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar, artinya semakin tinggi Intensitas Penggunaan Informasi teknologi dan semakin tinggi Dukungan Orang Tua maka semakin tinggi Prestasi Belajar Siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...