JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Praja Muda Karana Kelas III SD RK Budi Luhur Medan Denai Tahun Pembelajaran 2020/2021

Marianus, Sumarlin Mangandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Perlunya model pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak mudah merasa bosan dan dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Guru harus bisa memilih salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Model pembelajaran Take and Give merupakan strategi pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa. Hal ini dapat mengubah suasana kelas menjadi aktif saat belajar berlangsung. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana proses penggunaan Model Pembelajaran Take and Give tema praja muda karana, Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give tema praja muda karana, Bagaimana pengaruh belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give tema praja muda karana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa tema praja muda karanadi kelas III SD RK Budi Luhur Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan menggunakan pengumpulan data berupa test 30 soal, angket 17 pernyataan, dan dokumentasi. Penelitian di SD RK Budi Luhur Medan pada kelas III dilaksanakan 17 sampai 18 mei 2021. Jumlah sampel sebanyak 30 siswa berdasarkan tekniksampling jenuh, berdasarkan analisis diperoleh hasil pre test dengan nilai rata-rata 68,73 dengan kategori cukup, hasil post tes dengan nilai rata-rata 86,7 kategori baik sekali dan angket model pembelajaran Take and Give dengannilai rata-rata 63,3% kategori tinggi. Hasil analisis korelasi pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi rhitung = 0,875 dengan rtabel = 0,361. Dengan demikian nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel maka korelasi sangat signifikan. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 3,268 dengan ttabel = 1,697 pada taraf signifikan 0,05. Dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa tema praja muda karana kelas III SD RK Budi Luhur Medan Denai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...