JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Sosiologi Siswa Kelas X 3 di SMAN 1 Lembah Melintang

Ditya Rahma Yanti (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)
Hefni Hefni (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yanti Sri Wahyuni (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam memberikan partisipasinya pada kegiatan belajar mengajar dikelas tersebut, suasana belajar yang aktif dan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran hanya terjadi komunikasi satu arah yaitu guru hanya menerangkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap aktivitas belajar sosiologi.Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Teori Behavioristik yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan dengan tipe penelitian eksperimen Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang akan dibagikan kepada siswa. Tekniks analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Uji Normalitas,Uji Homogenitas Uji T .Dari hasil penelitian uji t disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajatan Time token terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat melalui uji hipotesis yang menggunakan uji t. Dari analisis Uji T diperoleh thitung = 3,85 dan ttabel = 1,66 dimana > berarti 3,86 > 1,66. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu Ha diterima dan H0 ditolak. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Time token terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosoilogi Siswa kelas X IPS 3 di SMA N 1 Lembah Melintang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...