Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari matematika. Menyesuaikan perkembangan teknologi maka pengembangan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilakukan dengan penggunaan bahan ajar elektronik seperti E-LKPD (LKPD elektronik). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan E-LKPD berbantuan liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIID (kelas eksperimen) dan kelas VIIA (kelas kontrol) di UPTD SMPN 1 Sungailiat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbantuan liveworksheets lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa daripada penggunaan LKPD sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD berbantuan liveworksheets efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep segiempat dan segitiga.
Copyrights © 2022