JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Levy Rohmatilahi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Nur Kholisah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Muh. Husen Arifin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari budaya yang ada dalam suatu masyarakat. Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Bab 1 Ketentuan Umum pasal 1 ayat 16 menyatakan bahwa “Pendidikan berbasis masyarakat adalah penyelenggaraan pendidikan yang didasarkan pada ciri-ciri agama, sosial, budaya, aspirasi, dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, setiap suku, setiap daerah memiliki budayanya masing-masing. Semakin maju zaman, maka semakin banyak pula perubahan yang terjadi, baik karena perubahan makna, munculnya budaya baru, dan perubahan cara pandang masyarakat tentang suatu budaya. Budaya adalah sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan dan kehidupan merupakan hubungan antara proses dan isi, proses mengadopsi budaya dalam arti peradaban manusia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...