JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPS di SD

Ihda Khaerunisa Syaumi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wijang Putra Sasmita Adi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muh. Husein Arifin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah upaya untuk mengembangkan, membiasakan, dan mengenalkan nilai – nilai karakter pada siswa – siswi agar menjadi manusia yang mempunyai kebiasaan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. penelitian ini di susun untuk mengkaji mengenai implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS di SD dengan tujuan agar siswa mampu menjadi orang yang peka terhadap keadaan sosial sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka yaitu mengkaji sebanyak-banyaknya sumber yang dicari melalui membaca artikel-artikel yang sudah ada. Dari hasil penelitian penulis meringkas bahwa dalam pembelajaran IPS di SD pendidikan karakter dengan adanya mata pelajaran IPS ini siswa diharapkan mampu menjadi orang yang memiliki kepekaan terhadap sosial yang tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...