Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 7, No 1 (2022): Maret

REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN IDE PENYELESAIAN SOAL TERBUKA

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Octavina Rizky Utami Putri (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik masih perlu dilakukan untuk merencanakan perbaikan permbelajaran mengingat masih rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan representasi matematis peserta didik dalam menyampaikan gagasan pemecahan masalah terbuka pada materi Aljabar Linier dan Matriks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan kualitatif-kuantitatif. Penelitian diawali dengan mengamati pembelajaran dan menilai hasil belajar peserta didik. Langkah kedua dilakukan studi pustaka untuk mengumpulkan informasi terkait kemampuan yang dibutuhkan peserta didik dalam menyampaikan pemecahan masalah dan jenis pertanyaan terbuka. Setelah instrumen tes dinyatakan valid, diberikan dua pertanyaan kepada 144 peserta didik. Peserta didik mengumpulkan pekerjaannya melalui sistem manajemen pembelajaran. Hasil kerja peserta didik dianalisis dengan melakukan rekapitulasi indikator representasi matematis yang telah ditentukan dan indikator komunikasi matematis. Data kuantitatif diperoleh dari rekapitulasi indikator yang dipadukan dengan data kualitatif dari temuan/catatan hasil kerja peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta didik merepresentasikan simbol matematika dengan benar dalam menyampaikan ide pemecahan masalah terbuka untuk setiap soal. Sedangkan representasi matematis berupa penjelasan/alasan verbal secara benar dan memadai dalam menyampaikan ide pemecahan masalah hanya dapat dilakukan oleh 65% peserta didik pada pertanyaan pertama dan 5% peserta didik pada pertanyaan kedua. Representasi matematis yang kurang tepat disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi dan kesalahan dalam memahami soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...