JURNAL LENTERA
Vol 11, No 2 (2011): Vol.11, No.2, Agustus 2011

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN BERSUSUN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATI F TIPE TAI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MEURAH DUA

MARZUKI, Marzuki ( Dosen Tetap)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2013

Abstract

Pembelajaran materi perkalian bersusun merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkanpada siswa kelas kelas IV SD Negeri 3 Meurah dua. Banyak siswa mengalami kendala dalammempelajari materi tersebut yaitu kesulitan pada saat meyelesaikan soal -soal walaupun mereka sudahmempelajari materi tersebut. Salah satu penyebab adalah karena belajar mereka kurang aktif tidakbermakna. Padahal belajar kelompok ada diterapkan tetapi bukan menurut aturan para ahli. Olehkarena itu peneliti menerapkan belajar kelompok tipe TAI. Pendekatan peneliti an kualaitatif, jenispenelitian PTK. Subjek penelitian seluruh siswa Kelas IV sebanyak 15 siswa. Data dalam penelitianini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan.Pembelajaran dengan kooperativ tipe TAI adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapatdigunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas IV pada materi perkalianbersusun sampai hasilnya tiga angka.

Copyrights © 2011