Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 10, No 1 (2022): MARET 2022

KEPUASAN MAHASISWA KEDIRI TERHADAP PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH STATISTIK SAAT PANDEMI COVID-19

Muhamad Safa'udin (Institut Agama Islam Tribakti Kediri)
Nanndo Yannuansa (Universitas Hasyim Asy’A’ari)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to compare the level of student satisfaction with the use of the blended learning model as a learning media for course statistics during the Covid-19 pandemic for IAI Tribakti Kediri students with students from several Kediri private universities. This study uses a quantitative approach with comparative descriptive techniques. The subjects of this study were 130 students of  IAI Tribakti Kediri with students from several Kediri private universities. The data collection technique in this study used a questionnaire. The data analysis technique in this study used descriptive analysis and independent sample t test. From the results of data analysis, the tcount value is 0.089 1.657 t5%: 128, this means that there is no difference in the level of student satisfaction with the use of the blended learning model as a learning medium for statistics courses during the Covid-19 pandemic at IAI Tribakti Kediri students and students from several universities. private Kediri. Where 58% of students showed a good response to the use of blended learning.  Keywords:  blended learning; satisfaction; statistics                                                                 Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan model Blended Learning sebagai media pembelajaran mata kuliah statsistika saat pandemi Covid-19 pada mahasiswa IAI Tribakti Kediri dengan mahasiswa beberapa perguruan tinggi swasta Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan teknik deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini sebanyak 130 adalah mahasiswa IAI Tribakti Kediri dengan mahasiswa beberapa perguruan tinggi swasta Kediri. Teknik didalam pengumpulan data pada penelitian ini memakai kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan independent sample t test. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 0,089   1,657 t5%:128 hal ini berarti tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan model Blended Learning sebagai media pembelajaran mata kuliah statsistika saat pandemi Covid-19 pada mahasiswa IAI Tribakti Kediri dengan mahasiswa beberapa perguruan tinggi swasta Kediri. Dimana 58% mahasiswa menunjukkan respon yang baik terhadap penggunaan Blended Learning. Kata Kunci: blended learning; kepuasan; statistika   DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp60-69

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...