Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara

Eka Dewi Sari Ritonga (Jl. Sisingamangaraja No 125 - A KM 3,5, Rantauprapat, Sumateran Utara)
Lily Rohanita Hasibuan (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam pembelajaran teorema phytagoras ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriftip kualitatif dengan subjek penelitian adalah 3 orang siswa dari 34 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara setiap siswa mewakili dari masing-masing kategori minat belajar yakni rendah, sedang tinggi. Hasil penelitian adalah siswa dengan kategori minat belajar rendah mengalami kesulitan dalam memahami konsep, terlihat dalam jawaban siswa hanya menjumlahkan mengurangkan yang diketahui dalam soal nomor 1 dan 2 kategori minat rendah juga mengalami kesulitan melakukan operasi bilangan, menyelesaikan soal verbal, membedakan simbol. Siswa kategori sedang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi bilangan di mana hasil akhir yang diberikan siswa tidak sesuai dengan informasi pada soal nomor 1, 2. Adapun siswa dengan minat belajar tinggi mengalami kesulitan memberikan simbol nama satuan pada saol nomor 1, 2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...