AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Sari, Desi Puspica (Unknown)
Bharata, Haninda (Unknown)
Sutiarso, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan model creative problem solving  (CPS) dengan pendekatan saintifik berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan instrument tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data pendahuluan, analisis data kevalidan oleh validator ahli dan analisis data kepraktisan oleh guru dan siswa.. Dari hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan model creative problem solving dengan pendekatan saintifik  terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memperoleh kriteria valid dan praktis. Kriteria valid diambil berdasarkan penilaian dari validator, dan kriteria praktis diambil berdasarkan uji coba terhadap penggunaan model pembelajaran yang dikembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...